Rakorwil BDK Palembang Dimulai, Kaban Suyitno Jelaskan Peran MOOC bagi Masa Depan Kediklatan   
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 18 Desember 2023
  • 170x Dilihat
  • Berita

Rakorwil BDK Palembang Dimulai, Kaban Suyitno Jelaskan Peran MOOC bagi Masa Depan Kediklatan  

PALEMBANG (18/12)– BDK Palembang pada Ahad (17/12) lalu telah membuka Rapat Koordinasi Wilayah Kerja BDK Palembang. Rapat tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag, Prof. Dr. H. Suyitno, M.Ag., serta dihadiri oleh admin Simdiklat dan Kasubbag Tata Usaha dari semua Kantor Kementerian Agama Kota/Kabupaten, Kanwil Kemenag Provinsi dan perguruan tinggi keagamaan di wilayah kerja BDK Palembang.

 

Suyitno menyampaikan kata sambutannya di Hotel Beston Palembang pada Ahad malam. Pembukaan tersebut juga dihadiri langsung oleh Kepala BDK Palembang, Dr. H. Saefudin, S.Ag., M.Si., Kasubbag Tata Usaha BDK Palembang H. Mukmin, S.H.I., M.Sy., Koordinator Widyaiswara BDK Palembang Drs. Rudi Hermawan, M.Pd., beserta segenap panitia dan peserta.

 

Dalam kata sambutannya, Suyitno membahas tentang pengembangan teknologi pelatihan di lingkungan Kemenag untuk ke depannya. 

 

“Balitbang ini hadir memberikan Solusi,” buka Suyitno. Ia mengatakan jika sistem pelatihan berbasis MOOC (Massive Open Online Course) secara bertahap akan didorong untuk menggantikan pelatihan berbasis klasikal. Tujuan akhirnya adalah menyerap lebih banyak alumni pelatihan dari berbagai latar belakang, dari seluruh Indonesia.

 

“Nantinya ibu-ibu akan bisa belajar sambil memasak di rumah masing-masing,” guyon Suyitno. “Bapak-ibu semuanya kita undang kesini untuk membicarakan lebih jauh soal ini. MOOC adalah cara untuk menanggulangi itu (penyerapan alumni yang tak merata),” lanjut Suyitno.

Lebih lanjut, Suyitno juga mengungkit peran Balitbang Diklat Kemenag sebagai pengembang SDM sekaligus sebagai “dapur” bagi kebijakan-kebijakan Kemenag. 

 

“Ada fungsi-fungsi human resource engagement dan fungsi kebijakan,” ujar pria kelahiran Tulung Agung tersebut. “Agama tak boleh lagi dilihat hanya sebagai normativitas, hanya dari sisi spiritual, tetapi juga sebagai problem solver.”

 

Rakorwil kemudian dibuka langsung oleh Kepala BDK Palembang, Saefudin. Kegiatan Rakorwil berlangsung selama tiga hari, yaitu pada 17 s.d. 19 Desember 2023. Agenda utama dalam Rakorwil tahun ini adalah Sidang Pleno untuk membahas Evaluasi Pasca Pelatihan (EPP) dan Analisis Kebutuhan Pelatihan (AKP) bersama para stakeholder BDK Palembang. (Ed_)