Saefudin Gelar Rapat Tim Efektif, Kawal Profer eL-TV
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 9 September 2024
  • 12x Dilihat
  • Berita

Saefudin Gelar Rapat Tim Efektif, Kawal Profer eL-TV

PALEMBANG (9/9) – Usai mengikuti agenda klasikal kedua Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) LAN RI pada Jumat (6/9) lalu di Puslitbang PKASN LAN RI, kini Kepala BDK Palembang, Dr. H. Saefudin, S.Ag., M.Si. telah kembali ke BDK Palembang. Hingga 2 bulan ke depan, ia direncanakan untuk merealisasikan proyek perubahan yang ia usung, “Strategi Pengelolaan eL-TV Sebagai Media Pembelajaran ASN Kemenag” sesuai dengan linimasa rancangan proyek perubahannya (proper) yang sebelumnya telah diujiankan.

 

Demi kelancaran realisasi proper, Saefudin mengumpulkan pegawai BDK Palembang yang tergabung sebagai tim efektif proyek perubahannya untuk mengadakan rapat kerja. Rapat tersebut beragendakan sistematika dan teknis pelaksanaan realisasi proyek perubahan pada tahapan jangka pendek dan jangka menengah. Kasubbag Tata Usaha BDK Palembang, H. Mukmin, S.H.I., M.Sy. turut hadir dan memandu rapat tersebut di Ruang Kepala BDK Palembang.

 

Dalam arahan yang ia berikan, Saefudin menyampaikan bahwa proper bukanlah proyek individu, melainkan proyek yang melibatkan institusi. Dan untuk melancarkan proyek tersebut, memang perlu dibentuk tim efektif yang solid, sebagaimana arahan pembimbingnya.

 

“Tujuan dibentuknya tim ini adalah untuk memperlancar dan mempermudah jalannya proyek perubahan,” tukas Saefudin kepada anggota timnya. Selanjutnya, tim kemudian melakukan pembagian tugas dan penguatan timeline (linimasa) pelaksanaan setiap tahapan perubahan, baik jangka pendek yang berlangsung selama satu bulan, hingga jangka menengah yang berlangsung hingga Desember mendatang.

 

El-TV yang “dijual” oleh Saefudin sebelumnya memang telah ada dan berjalan efektif, namun ia menegaskan jika proper ini bertujuan untuk membuat eL-TV yang telah ada menjadi lebih konsisten dan profesional dalam produksi konten digital. Untuk itulah, perlu dibuat dokumen pendukung bagi pelaksanaan teknis eL-TV, mulai dari jadwal konten, peta proses bisnis, SOP, MoU dengan pihak eksternal dan legal standing dari Balitbang Diklat Kemenag selaku organisasi eselon di atas BDK Palembang. Semua itu diharapkan akan dapat rampung dalam 2 bulan ke depan.

 

Rencana ke depannya, eL-TV ditargetkan tidak lagi beroperasi di wilayah kerja BDK Palembang, akan tetapi di seluruh satker Balitbang Diklat Kemenag yang ada di seluruh Indonesia. eL-TV juga akan turut menggaet madrasah dan PTK (Perguruan Tinggi Keagamaan) untuk berpartisipasi dalam produksi kontennya di masa mendatang. (Ed_)