Saefudin Ka BDK : Isi Konten yang diperlukan oleh Publik
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 27 Juni 2023
  • 95x Dilihat
  • Berita

Saefudin Ka BDK : Isi Konten yang diperlukan oleh Publik

Palembang (27/06), Bertempat di Ruang Munaqosah Lantai 3 Fakultas Syariah dan Hukum IAIN Raden Fatah, dalam kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi Tendik Fakuktas Syariah dan Hukum IAIN Raden Fatah dengan tema Peran Humas dalam Membangun Citra Perguruan Tinggi.


Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 27 Juni 2023, diawali dengan sambutan sekaligus membuka resmi kegiatan oleh Dr. H. Muhammad Torik, LC., MA (Plh.Wakil Dekan Fakultas Syariah dan Hukum). Dalam pembukaan kegiatan tersebut beliau menyampaikan kegiatan diikuti oleh perwakilan humas diwilayah satuan kerja dalam Lingkungan Kementerian Agama diwilayah Palembang dan juga turut hadir humas Kanwil Kemenag Prov. Sumsel.


Selain itu juga beliau menyampaikan bahwa pentingnya publikasi baik melalui website maupun sosial media, yang bertujuan agar satuan kerja dikenal oleh banyak orang. Dalam kesempatan ini diundang 2 (dua) narasumber yaitu Dr. Saefudin, S.Ag., M.Si (Kepala BDK Palembang) dan Dr. Rahma Santhi Zinaida, S.Si., M.I.Kom (Universitas Bina Darma Palembang).


Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi dari DR.Saefudin, S.Ag., M.Si (Kepala BDK Palembang), Beliau mengawali dengan menyampaikan beberapa faktor pendukung suksesnya humas satuan kerja yaitu Dukungan Pimpinan, SDM yang berkualitas dan berkomitmen,dan Sarana dan Prasarana yang memadai.


Dalam kesuksesan publikasi satuan kerja juga harus mengikuti perkembangan zaman, masyarakat sekarang tidak lagi membaca koran namun online youtube, podcast, media sosial seperti tiktok. Masyarakat ingin mendapatkan informasi secara praktis, semua lembaga harus mengelola media kehumasan dan dikemas secara menarik.


“Humas harus menangkap apa saja kebutuhan publik, dan dapat memberikan informasi yang berisi konten-konten yang diperlukan oleh publik”, imbuhnya.


Selain itu juga humas haruslah mencerdaskan pimpinan, humas adalah orang yang terdepan mengetahui informasi terupdate yang nantinya dapat diinformasikan kepada pimpinan. 


“Humas harus menyiapkan informasi-informasi yang update bagi pimpinan, sehingga dapat menghasilkan tampilan cerdas dan hebat itu adalah pimpinan. Maka dari itu harus cerdas, harus pintar dan sering membaca. Trik itu akan sangat membantu pimpinan”.


Beberapa hal tersebut menjadikan kunci kesukseskan kehumasan dalam satuan kerja. Diakhir penyampaian materinya, Saefudin memberikan kesempatan bagi peserta untuk dapat sharing pengalaman dalam pengelolaan kehumasan.