Secara Virtual, Pengambilan Sumpah Jabatan Fungsional Berjalan Lancar dan Khidmat
  • 1 April 2021
  • 862x Dilihat
  • Berita

Secara Virtual, Pengambilan Sumpah Jabatan Fungsional Berjalan Lancar dan Khidmat

PALEMBANG - Kamis, 1 April 2021 menjadi hari penting bagi Dra. Masyitoh, salah satu pegawai Balai Diklat Keagamaan Palembang yang dilantik dan diambil sumpah untuk Jabatan Fungsional Analis Pengelolaan Keuangan APBN secara virtual oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag. Selain Masyitoh, pada pelantikan tersebut juga dilantik 1560 orang pegawai Kementerian Agama RI lainnya untuk Jabatan Fungsional Analis Pengelolaan Keuangan APBN, Pranata Keuangan APBN dan Penata Laksana Barang.

Seperti acara pelantikan pada umumnya, pelantikan tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan keputusan pengangkatan dalam jabatan. Dalam keputusan pengangkatan jabatan tersebut disebutkan bahwa semua pegawai yang dilantik pada pelantikan terhitung mulai tanggal pelantikan telah secara langsung mengemban tugas jabatannya dan diberikan hak-haknya sesuai undang-undang dan aturan yang berlaku.

Setelah pembacaan keputusan pengangkatan dalam jabatan, pembacaan naskah pelantikan dan pengambilan sumpah/janji, selanjutnya dilaksanakan penandatanganan berita acara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji oleh perwakilan pegawai yang dilantik. Meskipun, pelantikan juga dilaksanakan secara langsung untuk beberapa perwakilan pegawai yang dilantik. Namun, kegiatan tersebut benar-benar dilaksanakan dengan memperhatikan aturan jaga jarak dan protokol kesehatan yang ditentukan pemerintah. Hal yang sama juga berlaku pada pelaksanaan pelantikan di Balai Diklat Keagamaan Palembang. Meskipun, Pelantikan Masyitoh dilakukan secara virtual, namun pelaksanaannya dilakukan secara khusus di Balai Diklat Keagamaan Palembang dengan memperhatikan aturan jaga jarak dan protokol kesehatan yang ditentukan pemerintah.

Keluarga Besar Balai Diklat Keagamaan Palembang mendukung secara penuh pelaksanaan pelantikan Masyitoh dengan mempersiapkan segala keperluan pelantikan virtual tersebut, mulai dari instalasi peralatan hingga menyiapkan ruangan khusus agar pelantikan berjalan lancar. Tidak hanya itu, dalam pelantikan tersebut, Masyitoh didampingi secara langsung oleh Kasubbag Tata Usaha, Bandar, S.E., M.M, Kasi Diklat Tenaga Administrasi, Agus Apriansyah, S.Kom, M.M serta Koordinator Widyaiswara, Drs. H. Ridwan, M.H.I. Ketiganya mendampingi Masyitoh dari mulai persiapan, gladi hingga acara pelantikan selesai. Bentuk perhatian ini adalah tradisi di Balai Diklat Keagamaan Palembang yang merupakan penghargaan dan juga motivasi bagi karyawan yang dilantik agar lebih semangat lagi dalam berkontribusi untuk instansi.

Menurut Masyitoh, meskipun dilantik secara virtual melalui aplikasi zoom, namun kekhidmatan acara tersebut tetap bisa dirasakan, apalagi saat pembacaan sumpah yang dipandu langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama. Selain itu, menurut Masyitoh pelantikan dengan cara ini adalah pelantikan terbaik, karena pegawai yang dilantik dapat merasakan rasanya dilantik oleh Pejabat Eselon I dalam hal ini adalah Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, namun tetap bisa didampingi oleh para pejabat struktural dan rekan-rekan kerja di satuan kerja tempatnya mengabdi.