Sukseskan Latsar CPNS MA, BDK Palembang Gandeng TNI untuk Kesiapsiagaan Bela Negara
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 14 Oktober 2024
  • 6x Dilihat
  • Berita

Sukseskan Latsar CPNS MA, BDK Palembang Gandeng TNI untuk Kesiapsiagaan Bela Negara

Palembang (14/10) – Balai Diklat Keagamaan (BDK) Palembang menerima tamu dari Komando Rayon Militer (Koramil) Sukarami / Komando Daerah Militer (Kodam) II Sriwijaya, Sersan Mayor (Serma) Mulyadi dan Sersan Satu (Sertu) Sudomo untuk membahas mengenai skema Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Mahkamah Agung (MA) di ruang kepala BDK Palembang, Senin (14/10/2024).

 

Kepala BDK Palembang, Dr. H. Saefudin, S.Ag. M.Si., yang didampingi oleh Kasubbag TU, H. Mukmin, S.H.I., dalam pertemuan tersebut, menyampaikan keinginannya untuk memberikan kesan yang baik dan penuh kedisiplinan dalam pelaksanaan Latsar CPNS MA ini nantinya. Untuk itu Saefudin meminta narasumber dari pihak militer dalam Latsar tersebut.

 

“Saya ingin kesan yang peserta dapat selama menjalani pelatihan di BDK Palembang ini berkesan bagus, bahwa di BDK Palembang ini kedisiplinan sangat dijunjung tinggi,” tegas Saefudin.

 

Kasubbag TU BDK Palembang, Mukmin, memaparkan skema pelatihan pada tiap gelombang akan dibagi ke dalam 4 kelas yang dijadwalkan selama 6 hari dengan pelaksanaan apel pagi dan sore setiap harinya. Khusus di malam ketiga akan ada apel kesiapsiagaan bela negara. Hari kelima ujian seminar dan hari terakhir penutupan.

 

“Kurikulum ini sudah diatur dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) sehingga kurikulum ini bersifat seragam di seluruh Indonesia,” papar Mukmin.

 

Arsiparis Ahli Muda BDK Palembang, Mona Arida Oktaria, S.IP., selaku ketua tim pelatihan turut memaparkan materi-materi yang akan di ampu dari pihak TNI dalam Latsar MA nantinya.

 

“Disetiap angkatan nantinya akan ada materi pembinaan sikap perilaku yang akan di ampu oleh bapak-bapak sekalian (TNI) sebanyak 5 Jam Pelajaran (JP) per kelas,” jelasnya.

 

Serda Sudomo mengatakan pihaknya siap untuk membantu mensukseskan Latsar CPNS MA di BDK Palembang ini dan siap mendisiplinkan para peserta sehingga dapat memberikan kesan positif setelah pelatihan ini selesai nantinya.

 

“Kita akan tekankan kedisiplinan dan kejujuran, karena mereka ini nantinya akan menjadi hakim yang dituntut untuk menjunjung tinggi kejujuran,” tegasnya.

 

Pelaksanaan Latsar CPNS MA akan terbagi menjadi 2 gelombang, dengan total peserta keseluruhan berjumlah 152 peserta. Gelombang pertama akan dilaksanakan dari tanggal 25 November 2024 dan gelombang kedua dimulai dari tanggal 2 Desember 2024.