Tidak Bisa Mudik? 7 Aplikasi Ini Bisa Jadi Solusi untuk Tetap Bersilaturahmi

Tidak Bisa Mudik? 7 Aplikasi Ini Bisa Jadi Solusi untuk Tetap Bersilaturahmi

 Mudik memang menjadi sebuah tradisi di indonesia. Mudik biasanya dilakukan oleh perantau yang setelah sekian lama bekerja di tempat yang jauh dari kampung halaman. Setahun lebih pandemi Covid-19 melanda Indonesia, namun jumlah kasus infeksi kini justru kembali meningkat. Kini, pemerintah terpaksa kembali membuat peraturan larangan mudik untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Meski demikian, di era digital seperti sekarang, silaturahmi dengan keluarga tercinta dapat dilakukan tanpa harus berkontak fisik langsung. Ada banyak aplikasi smartphone yang dapat dimanfaatkan untuk menyapa keluarga di kampung halaman via teleconference. Berikut adalah beberapa contohnya:

1. Zoom

Zoom adalah pilihan aplikasi teleconference yang paling populer saat ini. Aplikasi ini selama ini marak digunakan untuk telekonferensi, bekerja jarak jauh, belajar jarak jauh dan berhubungan sosial. Zoom mengakomodir layanan teleconference gratis untuk 100 orang pengguna dalam satu pertemuan virtual dengan batas waktu penggunaan hingga 40 menit. Fitur penuh dari aplikasi ini dapat diakses oleh pengguna dengan mendaftarkan akun premium.

 

2. Whatsapp

Siapa yang tidak tahu WhatsApp? Selain berfungsi sebagai aplikasi berkirim pesan, aplikasi yang telah diakuisisi oleh Facebook ini kini juga dapat dimanfaatkan sebagai aplikasi panggilan seluler dan panggilan video gratis tanpa pulsa. Dengan menggunakan WhatsApp, pengguna dapat melakukan obrolan daring, berbagi file, bertukar foto dan lain sebagainya.

Lebih dari 2 miliar orang di lebih dari 180 negara saat ini menggunakan WhatsApp untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga, sehingga WhatsApp lebih umum dan praktis digunakan oleh masyarakat Indonesia.

 

3. LINE

LINE adalah aplikasi berkirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai platform seperti smartphone, tablet maupun komputer desktop.

LINE difungsikan dengan menggunakan jaringan internet sehingga pengguna LINE dapat melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain lain. LINE diklaim sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlaris di 42 negara. Salah satu fitur favorit LINE tentu saja adalah stiker chat.

 

4. Instagram

Sebagian besar pengguna Instagram membagikan momen-momen bahagianya dalam bentuk foto dan video. Namun disamping itu, Instagram juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan panggilan video grup.  

Selain itu, Instagram juga menyediakan fitur siaran langsung, dimana para pengguna Instagram dapat berkolaborasi dan melakukan siaran langsung bersama, maksimal hingga 4 orang sekaligus. Selain berkomunikasi satu sama lain, siaran langsung tersebut dapat disaksikan oleh semua orang, termasuk pengikut akun yang melakukan siaran langsung tersebut.

 

5. Google Meet

Google Meet (sebelumnya dikenal Hangouts Meet) adalah layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini merupakan salah satu dari dua aplikasi yang nantinya akan mengganti Google Hangouts, yang lainnya adalah Google Chat.

 

Fitur Google Meet meliputi panggilan audio dan video dua arah dan multiarah dengan resolusi hingga 720p, filter audio pengurai kebisingan, mode cahaya rendah untuk video, kemampuan untuk bergabung dalam rapat melalui browser web atau melalui aplikasi Android atau iOS, integrasi dengan Google Kalender dan Google Kontak untuk panggilan rapat sekali klik, berbagi layar untuk mempresentasikan dokumen, spreadsheet, presentasi, atau tab peramban lainnya.

 

6. Facetime

FaceTime adalah nama aplikasi panggilan video buatan Apple yang mendukung panggilan audio-only dan video di antara perangkat yang kompatibel. Fungsi inti FaceTime adalah membiarkan kamu melakukan panggilan video ke pengguna FaceTime lainnya.

FaceTime menggunakan kamera digital yang menghadap pengguna pada perangkat yang kompatibel untuk menampilkan pemanggil ke penerima panggilan dan sebaliknya. Selama bertahun-tahun, FaceTime hanya mendukung panggilan video langsung person-to-person, tetapi pada iOS 12.1, FaceTime mendukung panggilan video grup. Aplikasi ini terbatas untuk  para pengguna iPhone, iPad, iPod Touch, dan Mac.
 

7. Facebook Messenger

Facebook messenger merupakan situs aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk instant messaging yang mempermudah pengguna Facebook dalam berkomunikasi satu sama lain melalui pesan teks, panggilan suara serta panggilan video. Facebook messenger tersedia pada smartphone maupun PC. Aplikasi ini juga mendukung panggilan group video. 

Demikianlah beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk bersilaturahmi virtual bersama keluarga tanpa harus mudik. Mari kita bantu pemerintah mencegah  penyebaran Covid-19, dengan tidak berkumpul dan tidak bepergian ke tempat ramai, melaksanakan Sholat Ied dan merayakan Idul Fitri di rumah masing-masing.