User Based Training Menjadi Bekal Pelaksanaan Pelatihan
  • BDK Palembang
  • 9 Desember 2022
  • 310x Dilihat
  • Berita

User Based Training Menjadi Bekal Pelaksanaan Pelatihan

Dr. H. Mastuki, M.Ag, Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama membuka Kegiatan Rapat Koordinasi Kediklatan Wilayah Kerja Balai Diklat Keagamaan Palembang. Dalam Pembukaan kegiatan tersebut beliau sekaligus menyampaikan Materi mengenai Reformulasi Penyelenggaraan Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan.


"Empat Gardan Big Cocept dalam Sistem Pengelolaan Diklat Akan Mendorong Pelaksanaan Pelatihan yang Efektif yaitu terdiri dari Tata Kelola Diklat, Penjaminan Mutu Pelatihan, Pengembangan Pelatihan Online Bersertifikat dan Peremajaan Sarana Pendukung Pelatihan", Ujarnya


Menurut Mastuki, "Dalam kerangka Rapat Koordinasi Kediklatan diharapkan dapat menganalisis Kebutuhan Pelatihan yang diperlukan user. Menurut hemat saya User based training sangat penting bagi pelatihan yang akan dilaksanakan. Sehingga Kita sebagai penyelenggara pelatihan tidak hanya merancang pelatihan tapi juga melihat kebutuhan user sehingga pelatihan yang dilaksankan memang benar diperlukan user".


"Misalnya yang mengajukan sebagai petugas haji bersertifikat sedari awal lebih baik sebelum mengajukan sebagai petugas haji", tambahnya


Kegiatan yang bertempat di Hotel Wyndam OPI Palembang, Balai Diklat Keagamaan Palembang melaksanakan Kegiatan Rapat Koordinasi Kediklatan Wilayah Kerja Balai Diklat Keagamaan Palembang Tahun 2022.


Kegiatan ini dimulai dengan Laporan Kepala BDK Palembang, Dr. Saefudin,S.Ag.,M.Si. Dalam laporannya Beliau menyampaikan bahwa kegiatan akan berlangsung dari tanggal 9-11 Desember 2022. Peserta yang mengikuti kegiatan berjumlah 50 orang peserta yang terdiri dari Kepala Kanwil, Kepala Kemenag dan Pimpinan UIN/IAIN dari Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Bengkulu dan Provinsi Kep. Bangka Belitung.


Dengan mengambil tema "Meningkatkan mutu pelatihan menuju ASN yang Moderat” diharapkan dapat Melalui rapat koordinasi kediklatan ini, diharapkan dapat mengoptimalkan peran Balai Diklat Keagamaan Palembang dalam mewujudkan integritas Aparatur Sipil Negara, dalam upaya pengembangan SDM Aparatur Kementerian Agama se-provinsi Sumatera Selatan, Bengkulu dan Kepulauan Bangka Belitung.


Kemudian acara dilanjutkan dengan Kata sambutan dari Kepala kanwil Sumatera Selatan, Dr. Syafitri Irwan,S.Ag.,M.Si. Dalam sambutannya Syafitri Irwan menyampaikan bahwa Kegiatan Rakor Kediklatan merupakan wadah aspirasi dari Satuan Kerja di Wilayah BDK palembang. Dimana menjadikan harapan bagi setiap satuan kerja agar setiap ASNnya dapat bekesempatan mengikuti pelatihan sesuai dengan pengajuan kebutuhannya.