Widyaiswara BDK Palembang Dampingi EDM - eRKAM Kankemenag Kabupaten Banyuasin
  • 18 Januari 2022
  • 156x Dilihat
  • Berita

Widyaiswara BDK Palembang Dampingi EDM - eRKAM Kankemenag Kabupaten Banyuasin

BANYUASIN (12/1) - Pada 12  Januari lalu, bertempat di Aula MI Maariful Ulum Banyuasin, salah satu Fasilitator Tim Inti Kemenag Kabupaten Banyuasin, yakni Dr. Miskiah, M.Pd Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Palembang melakukan pendampingan teknis EDM dan e-RKAM yang berlangsung selama 6 jam mulai pukul 07.30 sampai dengan pukul 14.00 WIB. Kegiatan pendampingan ini diikuti oleh 4 orang dari unsur madrasah, yakni kepala madrasah, bendahara, operator dan salah satu guru MI Maariful Ulum.

Kegiatan ini dilakukan untuk menindaklanjuti Juknis Bimbingan Teknis (Bimtek) Penerapan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan elektronik Rencana Kerja Anggaran Madrasah (e-RKAM) Tahun Anggaran 2021. Kantor Kementerian Agama Kab. Banyuasin mengadakan Pendampingan Penyusunan EDM 2021 dan RKAM 2022 bagi 168 madrasah baik negeri maupun swasta.

Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi perencanaan dan penganggaran dalam menggunakan dana yang efektif dan efisien serta berorientasi pada peningkatan mutu. EDM dan e-RKAM merupakan suatu proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan di tingkat madrasah berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).

SNP adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum NKRI, yang berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan yang bermutu. 8 Standar Nasional Pendidikan meliputi :

  1. Standar Kompetensi Lulusan
  2. Standar Isi
  3. Standar Pendidik dan Tenaga Pendidikan
  4. Standar Proses
  5. Standar Sarana dan Prasarana
  6. Standar Pembiayaan
  7. Standar Pengelolaan
  8. Standar Penilaian Pendidikan

Dengan memenuhi 8 SNP ini, maka madrasah-madrasah tersebut dapat dinyatakan layak dan berkompetensi dalam menciptakan pendidikan yang bermutu.

Sumber : Dr. Miskiah, M.Pd

Penulis : Yeni Lesmana Dewi