AKBP Ichsan Nur, S. I. K, Membangun Bina Damai dan Resolusi Konflik
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 17 Januari 2023
  • 795x Dilihat
  • Berita

AKBP Ichsan Nur, S. I. K, Membangun Bina Damai dan Resolusi Konflik

BENGKULU (16/1) – BDK Palembang sejak Senin (16/1) menyelenggarakan Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK) pertama di tahun 2023 sebanyak 6 angkatan. Keenam PDWK itu berlokasi di 2 tempat, yaitu Kantor Kemenag Kota Bengkulu dan Kantor Kemenag Kabupaten Bengkulu Tengah. PDWK ini dilaksanakan dari tanggal 16 s.d. 21 Januari 2023. 


AKBP Ichsan Nur, S.I.K, Wakil Direktur Binmas Polda Bengkulu menjadi salah satu narasumber pada Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama Angkatan I di Kantor Kemaneg Kota Bengkulu. Dalam pengajarannya, Ichsan menyampaikan materi “Penanganan dan Penyelesaian Konflik Sosial di Wilayah Hukum Polda Bengkulu”. Materi tersebut merupakan bagian dari mata pelatihan “Membangun Gerakan Bina Damai dan Resolusi Konflik”. 


Secara umum, konflik berarti percekcokan, perselisihan dan pertentangan, sedangkan konflik sosial adalah pertentangan antar anggota masyarakat yang bersifat menyeluruh di kehidupan. 

“Secara umum, istilah konflik sosial mengandung suatu rangkaian fenomena pertentangan dan pertikaian antar pribadi melalui dari konflik kelas sampai pada pertentangan dan  peperangan internasional,” ujar pria kelahiran Banda Aceh tersebut. 


Lulusan Akpol tahun 1999 ini menyampaikan jika beberapa sumber konflik yang sering terjadi antara lain konflik ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, perkebunan/lahan dan batas wilayah. Ichsan Juga menyampaikan ada tiga tahap penanganan konflik. yaitu pra terjadinya konflik, saat terjadinya konflik dan pasca terjadinya Konflik. 


Wadir Binmas di Polda Bengkulu berharap materi ini dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, serta menjadi dasar pemahaman dalam moderasi beragama.(fby)