BDK Palembang Turut Memeriahkan Jalan Sehat Kerukunan dan Deklarasi Damai Umat Beragama
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 14 Januari 2023
  • 224x Dilihat
  • Berita

BDK Palembang Turut Memeriahkan Jalan Sehat Kerukunan dan Deklarasi Damai Umat Beragama

Palembang (14/1) – Keluarga Besar Balai Diklat Keagamaan Palembang ikut memeriahkan jalan sehat kerukunan yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan. Sebelum diberangkatkan, kegiatan tersebut diawali dengan Deklarasi Damai Umat Beragama yang dilanjutkan penandatanganan deklarasi oleh seluruh tokoh lintas agama dan tokoh pemuda lintas agama Provinsi Sumatera Selatan. 


Acara dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan diwakili Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Selatan H. Sunarto. Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan Dr. Syafitri Irwan, S.Ag, M.Pd.I dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini diikuti oleh ribuan peserta yang terdiri dari keluarga Kementerian Agama se Sumatera Selatan, madrasah, KUA, organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, hingga masyarakat umum. 


“Ini sesuai tema HAB ke-77 Kemenag, yaitu “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat” dan relevan dalam menyongsong tahun politik,” ujar Kakanwil.

Menjelang tahun politik, kakanwil juga mengharapkan seluruh tokoh agama dan ormas untuk senantiasa bersinergi menjaga agar tidak ada yang menjadikan tempat-tempat ibadah sebagai ajang kampanye politik dan mencegah politisasi agama. 


Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Bagian Tata Usaha H. Abadil, Kepala Balai Diklat Keagamaan Palembang Dr. H. Saefudin, S.Ag, M.Si, Kepala Kemenag Kabupaten/Kota se Sumsel, Kepala Bidang dan Pembimas, dan beberapa mitra kerja instansi Kemenag Sumsel. 


Saefudin sangat mendukung jalan sehat kerukunan dan deklarasi damai umat beragama ini. "Selain bisa memberikan kesehatan juga dapat menciptakan kebersamaan antar Kementerian Agama dalam penguatan moderasi beragama." tuturnya. 


Kegiatan jalan sehat dan deklarasi damai umat beragama ini dilaksanakan serentak se Indonesia oleh seluruh Kanwil Kementerian Agama. Sebagai peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama. Acara ini dimulai jam 06.00 WIB sampai selesai. Dengan rute diawali dari Kantor Wilayah Kemenag jl. Ade Irma Nasution, menuju Kodam II Sriwijaya, Stadion Kamboja, Universitas Tridinanti, Jalan Dwikora, hingga kembali ke Kanwil Kemenag Sumsel. 


Kegiatan ini semakin meriah dengan bertaburnya berbagai hadiah dari bantuan beberapa instansi mitra kerja Kementerian Agama. Salah satu hadiah utama kali ini adalah dua unit sepeda motor bantuan dari Bank Mandiri serta berbagai hadiah lainnya seperti televisi, lemari es, sepeda listrik, dan hadiah hiburan lainnya. (Yn)