Dr. Agustina, M.Pd Sampaikan Materi Desain Pembelajaran Tematik MI
  • 24 Maret 2022
  • 321x Dilihat
  • Berita

Dr. Agustina, M.Pd Sampaikan Materi Desain Pembelajaran Tematik MI

KEPAHIANG (24/3) - Dr. Agustina, M.Pd. widyaiswara madya BDK Palembang memberikan materi "Desain Pembelajaran Tematik MI" kepada para peserta PDWK Tematik MI Angkatan VII Kepahiang di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang. Dalam penyampaiannya, Agustina berpesan jika guru harus dapat mendesain sebuah perencanaan pembelajaran yang baik, dengan memperhatikan komponen, rambu-rambu dan langka-langkah penyusunan dengan baik.

Desain pembelajaran yang baik setidak-tidaknya memuat tiga komponen yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Dan dalam menyusun ketiga komponen tersebut, guru harus memperhatikan rambu-rambu penting yang terkait di antaranya dalam merumuskan tujuan pembelajaran harus mengacu pada ketercapaian Kompetensi Dasar (KD), memuat kata kerja operasional dan mengikuti struktur ABCD (audience, behavior, condition dan degree). Dalam menyusun langkah-langkah pembelajaran guru harus memperhatikan sistematika yang tepat, memuat aktivitas pembelajaran yang mencerminkan pendekatan saintifik, dan mengintegrasikan literasi, 4C dan HOTS. Juga dalam menyusun penilaian, guru harus memuat tiga ranah penilaian yaitu pengetahuan, sikap dan keterampilan serta dapat memuat instrumen penilaiannya dengan baik.

PDWK Pembelajaran Tematik Madrasah Ibtidaiyah Angkatan VII pada Kankemenag Kabupaten Kepahiang yang diselenggarakan oleh BDK Palembang ini dilaksanakan selama 6 hari mulai tanggal 21 s.d 26 Maret 2022 yang diikuti oleh 35 orang peserta dengan jabatan sebagai guru pada madrasah tsanawiyah.