PEMANFAATAN PADLET PADA PELATIHAN JARAK JAUH
PEMANFAATAN PADLET PADA PELATIHAN JARAK JAUH
Oleh
Elsy Zuriyani
- LATAR BELAKANG
Pendidikan dan Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) berbasis dalam jaringan (Daring) pada balai pendidikan dan pelatihan (Bdk) Palembang telah dilaksanakan semenjak masa pandemik Covid-19 terjadi di Indonesia. Kalau dilihat dari proses pelaksanaanya tidak terlalu berbeda dengan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan (diklat) masih dilaksanakan secara klasikal yaitu dengan melaksanakan proses pelatihan sacara tatap muka dan berinteraksi dua arah. Yang membedakannya adalah jarak antara peserta diklat diklat dengan widyaiswara/tenaga pengajar yang cukup jauh.
Proses pelaksanaan PJJ ini seharusnya tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan diklat secara klasikal khususnya dalam proses pembelajaran karena masih melaksnakan proses pelatihan secara klasikal sehingga aktivitas dan hasil belajar tidak jauh berbeda dengan pelatihan secara klasikal.
Pada pelaksanaanya PJJ berbasis daring peserta diklat lebih banyak mendengar saja dan yang lebih aktif adalah widyaiswara sehingga pembelajaran lebih bersifat satu arah. Hal ini saharusnya tidak terjadi seharusnya pelatihan secara daring juga harus terjadi dua komunikasi yang tearah antara peserta diklat dengan widyaiswara/tenaga pengajara.
Versi Lengkap Download Disini /upload/files/Pemanfaatan%20Padlet%20Pd%20Pelatihan%20Jarak%20Jauh.pdf