PEMBERIAN NILAI DAN TINDAK LANJUT HASIL PENILAIAN  By. Dr. Weldan Firnando Smith,S.Pd.,M.AP
  • 1 Oktober 2020
  • 1327x Dilihat
  • Artikel

PEMBERIAN NILAI DAN TINDAK LANJUT HASIL PENILAIAN By. Dr. Weldan Firnando Smith,S.Pd.,M.AP

PEMBERIAN NILAI DAN TINDAK LANJUT HASIL PENILAIAN

By. Dr. Weldan Firnando Smith,S.Pd.,M.AP

PENDAHULUAN

Tujuan pendidikan, baik yang dikemukakan oleh ahli mapun yang menjadi hasil belajar yang menjadi amanat dalam UU No. 2 Tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional semuanya mencantumkan bahwa pendidikan bertujuan untuk mengembangkan proses berfikir (kognitif), keterampilan (psikomotor), serta nilai dan sikap (afektif). Pencapaian tujuan aspek kognitif saja. Kenyataan seperti itu misalnya dapat dilihat dari persiapan yang dibuat oleh guru dalam melakukan proses pembelajaran lebih menekankan pada pencapaian tujuan aspek kognitif, sehingga aspek psikomotor dan afektif belum diukur dan diberi nilai sebagaimana pada aspek kognitif.

Sejak diberlakukannya kurikulum berbasis kompetensi maka sistem pembelajaran mengalami pergeseran disemua aspek, tidak terkecuali aspek penilaian. Kurikulum berbasis kompetensi menggariskan bahwa pendidikan diarahkan kepada pencapai kompetensi standar yang sudah ditetapkan. Standar tersebut merupakan patokan atau acuan minimal dalam hal kompetensi yang harus dipenuhi oleh lulusan suatu lembaga pendidikan. Secara lebih rinci pergeseran tersebut tercermin pada ciri-ciri kurikulum berbasis kompetensi seperti berikut ini:

  • Adanya visi, misi, dan tujuan pendidikan yang disepakati secara bersama ditingkat nasional.
  • Adanya standar kompetensi lulusan yang secara konsisten dan jelas dijabarkan dari tujuan pendidikan.
  • Adanya kerangka kurikulum dan silabus yang merupakan artikulasi yang ketat dari kompetensi lulusan
  • Adanya sistem penilaian acuan criteria (criteria-referenced assessment) dan standar pencapaian (performance standard) yang diterapkan secara konsisten.

Dengan diberlakukannya kurikulum berbasis kompetensi peserta didik secara menyeluruh tidak hanya menekankan aspek kognitif, melinkan juga aspek 

Versi Lengkap Download disini /upload/files/PEMBERIAN%20NILAI%20DAN%20TINDAK%20LANJUT%20HASIL%20PENILAIAN.Website.WFS.pdf