Syafitri: Orang yang Berhenti Belajar Hanya Memiliki Masa Lalu
  • 4 Juni 2021
  • 520x Dilihat
  • Berita

Syafitri: Orang yang Berhenti Belajar Hanya Memiliki Masa Lalu

PALEMBANG (4/6) – Pada hari kelima Pelatihan Media Penyuluhan Berbasis TIK Angkatan II yang diselenggarakan BDK Palembang, Dr. Syafitri Irwan, S.Ag, M.Pd yang merupakan Kepala BDK Palembang menjadi salah satu pengisi materi “Sistem Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kemenag”. Pelatihan tersebut telah dimulai sejak Senin (31/5) lalu di kampus BDK Palembang. 

Dalam penyampaian materinya, Syafitri mengatakan jika ada empat tipe ASN, yaitu (1) High Skill Low Motivation; memiliki kompetensi, suka mengeluh, merasa lebih berhak; (2) High Skill High Motivation; selalu memperbaiki diri, berinisiatif dan suka membagi pengetahuan; (3) Low Skill Low Motivation; berkinerja buruk, tidak bersemangat dan kurang bersyukur; (4) Low Skill High Motivation; antusias, ingin belajar dan berpikiran terbuka.

Syafitri menjelaskan bahwa pelatihan tersebut bertujuan untuk mengembangkan kompetensi SDM yang meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap atau perilaku. Sasaran peserta pelatihan adalah ASN, PPPK, pegawai non ASN dan masyarakat umum. Indikator keberhasilan dalam pelatihan dapat dilihat dari pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta diklat yang lebih baik dan berkembang.

"Orang yang berhenti belajar hanya memiliki masa lalu, sedang orang yang terus belajar akan memiliki masa depan," demikian tutur Syafitri sebelum mengakhiri materi pelatihan.